Perbedaan Cellophane PT dan MST pada strip

Halo packdever semua...

Tentu anda sering mendengar kata strip bukan? Obat kebanyakan dibungkus menggunakan bahan yang satu ini karena lebih mudah digunakan, dibawa dan bagus dalam menjaga stabilitas obat. Strip terdiri dari beberapa macam layer dan fungsinya seperti pada artikel ini. Nah untuk film atau yang kita sebut cellophane, biasanya ada dua macam yang sering digunakan yakni PT dan MST. Lalu apakah perbedaan antara PT dan MST?

catchcover, packaging
Catch cover
PT merupakan cellophane yang sifatnya Plain Transparant dan tidak dicoating. Sehingga PT disini hanya digunakan untuk melekatkan teks maupun gambar yang ingin ditampilkan dalam  strip. PT sendiri lebih mudah disobek dibanding dengan MST dan dari sisi harga biasanya lebih murah. Berbeda dengan PT, MST dicoating dengan bahan lain seperti nitrocellulose, PVC maupun PVdC. Fungsi coating ini agar strip bisa diseal dengan panas / heat sealable pada bagian cellophane. Apakah anda pernah melihat bentuk obat catch cover dimana kertas menempel pada strip? Seperti itulah kerja MST. PT tidak akan bisa anda seal karena memang tidak di coating apapun. Terkait dengan stabilitas, keduanya hampir sama karena tidak melindungi dari kelembapan. Jika dilihat dari sisi harga, MST lebih mahal dibanding PT.


strip, PT, komposisi, packaging
Strip PT
Lalu bagaimana membedakan secara fisik antara MST dan PT. Cukup mudah sebenarnya, yakni dengan menggoreskan stabilo ke atas lapisan PT atau MST. Jika goresan stabilo yang dihasilkan rata, maka bahan yang digunakan adalah PT. Sedangkan bila hasil goresan tidak rata, maka kemungkinan adalah MST. Hal ini dikarenakan, MST cenderung sukar menyerap warna akibat lapisan nitrocellulose / PVC yang terdapat didalamnya.

Maka untuk pemilihan keduanya, sebaiknya anda lebih cermat kepada fungsi obat. Apabila strip yang anda gunakan tanpa menggunakan catch cover, maka saya sarankan untuk menggunakan PT karena lebih mudah disobek dan harganya lebih murah. Namun bila anda butuh strip yang dapat diseal untuk catch cover maka tentu MST lebih tepat. Jika anda tetap menggunakan MST untuk strip biasa juga tidak salah, namun sayang karena profit yang bisa anda dapatkan akan lebih besar bila dengan PT. 

Demikian semoga berguna untuk anda

4 komentar:

  1. Mohon info dari segi hasil printing apakah lebih bagus PT atau MST ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasil printing saya lihat sama saja, yg berbeda hanya pada kemudahan strip untuk disobek saja

      terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Bukankah MST singkatan dari Moisture Sealable Transparant? sebenarnya apakah ada tambahan perlindungan dari moisture/lembab pada MST dibandingkan PT?Terima kasih

    BalasHapus
  3. bagaimana hasil kualitas obat yang di strip. jika memakai PT dan memakai MST,,

    BalasHapus