Apa itu corrugated box / corr box dan tipe-tipe corr box


Corrugated box atau corr box mungkin asing ditelinga anda. Tapi jika anda mendengar kata dos yang biasa digunakan untuk dos mie atau air minum gelas seperti gambar disamping, mungkin menjadi tidak asing bagi anda. Istilah dos yang selama ini kita gunakan untuk kemasan bungkus luar berwarna coklat tersebut, sebenarnya adalah corrugated box atau yang kita singkat menjadi corr box. Sesuai dengan namanya, corrugated box berarti kotak bergelombang. Lalu dimana letak gelombangnya? dari luar tampak mulus-mulus saja tuh..

Nah, sebenarnya corr box itu terdiri dari berbagai macam tipe yang tergantung pada besarnya gelombang maupun banyaknya dinding dari corr box sendiri.


Berdasarkan jumlah dindingnya (wall), corr box bisa digolongkan menjadi sebagai berikut beserta fungsinya:
 1. Corrugated Single Face

Corrugated Single Face yaitu lembaran karton gelombang yang terdiri dari satu lembar liner dan satu lapisan gelombang (fluting). Single Face biasanya digunakan sebagai pelindung barang-barang seperti mebel atau hasil industri kayu yang tidak dikemas dalam kemasan kotak agar pada saat proses pengiriman barang dalam kontainer barang tersebut tidak lecet dan sampai ditangan pelangan dalam kondisi bagus.
Selain untuk penggunaan tersebut, saat ini telah berkembang suatu jenis kotak karton gelombang yang menggunakan lapisan kertas cetak offset. Box cetak offset menggunakan single face yang dilaminating dengan kertas duplex coated / boxboard / ivory board atau art board.

2. Corrugated Single Wall

Corrugated Single Wall yaitu lembaran karton gelombang yang terdiri dari 2 lembar liner dan 1 lapisan gelombang (fluting). Single Wall merupakan lembaran karton gelombang yang paling banyak dipakai untuk pengemas produk yang tidak membutuhkan perlindungan terlalu besar seperti mie instant, air mineral, snack dll.

3. Corrugated Double Wall

Corrugated Double Wall yaitu lembaran karton gelombang yang terdiri dari 3 lembar  liner dan 2 lapisan gelombang (fluting). Double Wall biasanya banyak dipakai sebagai KKG untuk barang-barang yang membutuhkan perlindungan besar seperti minyak goreng dalam kemasan plastik (pouch), margarine, dan barang-barang yang cukup besar seperti televisi, kulkas dll.

 4. Corrugated Triple Wall

Corrugated Triple Wall yaitu lembaran karton gelombang yang terdiri dari 4 lembar liner dan 3 lapisan gelombang (fluting).   Triple Wall tidak banyak digunakan karena selain harganya mahal juga tidak banyak barang yang membutuhkan kemasan sekuat triple wall. Kalau pun ada biasanya triple wall dipakai sebagai alas pallet supaya barang yang disimpan tidak rusak.
Pada umumnya tidak ada mesin Corrugator yang mempunyai 3 unit fluting dalam satu line produksi, oleh karena itu pembuatan triple wall biasanya dengan menggabungkan dua sheet yaitu single wall dengan double face.

Berdasarkan JENIS FLUTE-nya corr box dapat dibedakan menjadi  :

Flute
Tinggi gelombang (mm)
Jumlah gelombang per meter
Thickness sheet (mm)
A
4.8
118
+/- 5
B
2.7
168
+/- 3
C
3.7
128
+/- 4
E
1.2
316
+/-1.5
Perbedaan masing-masing jenis flute bisa dilihat berdasarkan ketinggian dan jumlah gelombang per meter (lihat gambar dibawah ini ).


Berikut keterangan flute : 
a.    Flute A 
Pada mulanya flute A digunakan sebagai alat pengemas untuk barang-barang dari gelas. Flute jenis ini mempunyai sifat bantalan (cushioning) yang sangat baik, karena ketebalannya mampu meredam daya tekan yang terjadi pada saat kemasan ditumpuk.
b.    Flute B
Untuk produk yang sudah dikemas dalam kaleng, atau produk yang tidak memerlukan bantalan yang terlalu tinggi seperti buku tulis, continuous form, photocopy paper, dsb, lebih cocok menggunakan flute B. Selain sedikit lebih murah, flute jenis ini mempunyai ketahanan tekan datar (flat crush) yang lebih tinggi dari pada flute A.
 c.    Flute C
Flute C dibuat sebagai suatu pendekatan untuk memperoleh daya bantalan yang tinggi seperti flute A, tetapi mempunyai daya tekan datar yang baik seperti flute B, disamping tentunya lebih menghemat pemakaian kertas medium .
d.    Flute E
Flute E dibuat sebagai pengganti Solid fibre board, dengan kekuatan yang relatif sama tetapi lebih ringan dan lebih murah.

Dari apa yang kami jelaskan, mudah-mudahan anda sekarang dapat mengerti apa itu corr box dan berbagai tipe dari corr box tsb. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya.



0 komentar:

Posting Komentar